Bondan Winarno : ?Bebek Kaleyo.....Mak Nyuss !!!?

?Halo mas....apa ini saya berbicara dengan Pemilik Bebek Kaleyo ??

?Ya benar.....ini dengan siapa ya ?? jawab saya. ? Kami dari tim-nya Pak Bondan Winarno Mas, mau menginfokan bahwa Pak Bondan sore ini berencana berkunjung ke Bebek Kaleyo sekaligus melakukan liputan acara....bisa ya Mas ??...?Bisa banget !!?jawab saya.

Itulah kabar gembira yang kami dengar siang itu. Memang benar bahwa ?daya penciuman? pakar kuliner yang satu ini luar biasa. Tanpa kami pernah meminta, bahkan menyangkapun tidak, tiba-tiba beliau berinisiatif datang mencoba masakan Bebek Kaleyo . Tentu saja ini anugerah besar untuk kami.

Tepat pukul 17.00 wib crew Bebek Kaleyo Cempaka Putih mulai mempersiapkan perabotan. Meski masih 1 jam menuju buka (Bebek Kaleyo Cempaka Putih buka pukul 18.00 wib), seperti biasa sudah puluhan motor terparkir rapi dan pengunjungpun mulai memenuhi meja-meja yang tersedia.
Tak lama berselang datanglah beberapa mobil dengan sticker ?Wisata Kuliner?. Beberapa crew Tr*nsTV turun dari mobil membawa cukup banyak peralatan dan menghampiri kami.

?Dari Pak Bondan ya ?? Sambut saya berbasa-basi. ?Ayo silahkan mas sudah saya siapkan tempatnya di sebelah sini?, ajak saya sambil menunjukkan meja paling ujung yang sudah rapi. Saya sengaja memilih meja yang paling ujung supaya kameraman dan crew lainnya lebih leluasa.

Semenit kemudian Pak Bondan muncul dengan senyumnya yg ramah. Setelah bercakap-cakap beberapa lama dengan kami, mulailah beliau duduk dan memesan beberapa makanan. ? Saya mau coba bebek bakar paha, sate ati ampela, nasi uduk, tempe tahu, dan minumnya teh manis hangat?, ucapnya kepada pelayan kami.

Karena tanpa skenario dan apa adanya, maka sayapun biarkan pelayan menyiapkan sendiri semua pesanan Pak Bondan. Saya sendiri malah asyik mengajak beliau berbincang. ?Mumpung ada pakarnya, kesempatan nih nanya-nanya soal kegemaran saya travelling. Pasti beliau jagonya?, pikir saya.
Dan benar kalau soal tempat pelancongan beliau memang suhunya. Justru saya yang kelabakan karena hanya setengah mengerti lokasi-lokasi yang beliau ceritakan. ?Beda level nih? pikir saya malu.

Ditengah asyiknya obrolan pesananpun datang. ?Camera....action?. Rekamanpun dimulai lagi.
Saya segera mengamati dengan cermat penyajiannya dan sedikit bisa menarik napas lega karena sekilas penampilannya sempurna....tibalah saatnya beliau memberi komentar ....rasanya ternyata deg-degan luarrrrr biasa...ha..ha

Aksi pertama, beliau menyendok sambal merah yg memang selalu tersedia di tiap meja. ?Hmm..lumayan wangi ? ujarnya....?Ini dominan bawang merah makanya aromanya wangi?, lanjutnya menebak dan memang tepat 100% benar adanya.

?Saya akan mencoba tekstur bebeknya......hmmm cukup empuk....tidak perlu tenaga untuk mengambil dagingnya.......hmmmmm....rasanya lumer di mulut....tekstur bebek masih bisa dipertahankan, namun Kaleyo jagoan menghilangkan bau amis dan sudah hilang kesan alotnya ?ujar pak Bondan yang membuat saya seperti melayang setengah meter di udara.

?Saya coba makan bebek sambil dengan nasi uduk dan sambalnya........hmmmm.......Mak nyosss !!!....ini bebek dan paduan sambalnya benar-benar luar biasa. Top Markotop? lanjut pak Bondan berkali-kali sambil mengacungkan jempolnya.

Selanjutnya beliau mencoba tahu, tempe dan ati-ampela. Dan senang rasanya mendengar beberapa ?mantra? pujian beliau yang diucapkan beberapa kali selanjutnya.

Beliau melanjutkan menyantap makanan dengan khidmat dan sesekali memberikan komentar. Hingga akhirnya menyisakan sedikit nasi di piring sebagai tanda mengakhiri santapannya. Kemudian mencuci tangan di mangkok yang tersedia, mengelapnya dengan tissue, mengangkat gelas teh manis hangat dan menyeruputnya. ?Mantap....meski agak kemanisan.....? tutupnya mengakhiri rekaman. ?Gubrakk...Siap Pak segera saya perbaiki takarannya?, ujar saya dalam hati sambil tersenyum puas.

Setelah prosesi rekaman selesai beiau melanjutkan obrolan ttg pelancongan yang tertunda. Para crew-pun saya persilahkan duduk dan merekapun menyantap menu Bebek Kaleyo.

Akhirnya kunjungan sore itu ditutup dengan tulisan spidol beliau di spanduk kami, berbunyi ?Bebek Kaleyo....mak nyuss Top Markotop !!!?. *tanda serunya tiga.

Terima kasih Pak Bondan kunjungannya. Ini membuat kami semangat... Luar Biasa.



Newsroom/hbp